Rabu, 16 Februari 2011

Tugas 1 - Prinsip POD

Dari ciri-ciri belajar orang dewasa, menurut pendapat Lunandi (1982) (pada buku Suprijanto hal 46) tentang keadaan belajar orang dewasa secara psikologis bahwa "belajar bagi orang dewasa kadang-kadang merupakan proses yang menyakitkan.
Mengapa kadang-kadang merupakan proses yang menyakitkan?

Menurut saya,
Dimana sumber bahan belajar bagi orang dewasa berada pada diri orang itu sendiri, serta orientasi belajar orang dewasa terpusat pada kehidupan nyata.
Yang merupakan proses  menyakitkan ini yaitu apabila individu tersebut pernah mengalami masa-masa yang sulit dan menyakitkan bagi dirinya. Karena bagi orang dewasa itu belajar adalah hasil mengalami sesuatu.
Apabila seseorang mempunyai pengalaman yang traumatik, itu dapat menybabkan belajar bagi orang orang dewasa kadang-kadang merupakan proses yang menyakitkan.
Bagi pendidik sendiri apabila mendapat peserta didik yang demikian, pendidik harus dapat membuat suasana belajar pada setiap pertemuan harus akrab, gembira, senang, sopan, dan demokratis.
Dengan suasana yang kondusif memungkinkan peserta didik mengakui dan mengkaji kelemahan dan kekuatan pribadi dan dapat tumbuh sesuai dengan nilai dan norma yang ada di masyarakat.

Sumber :
Suprijanto, H. (2007). Pendidikan Orang Dewasa; dari teori hingga aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

4 komentar:

  1. pembahasan yang menarik Ami...
    sempurnakan dengan daftar pustakanya ya..

    take care

    BalasHapus
  2. terima kasih ibu.
    akan saya tambah'in dgn daftar pustakanya.

    BalasHapus
  3. okeh..sipp...
    tapi Lunardi itu tidak ada di daftar pustaka..:(
    mustinya penulisannya gimana ya ?

    thanks Ami

    BalasHapus
  4. sudah saya perbaiki ibu.
    mudah-mudahan tidak ada salah lagi.
    terima kasih ibu atas kritikannya :)

    BalasHapus