Rabu, 23 Februari 2011

Tugas 2 - Perencanaan dan Metode POD

Dalam perkembangannya pendidikan orang dewasa saat ini lebih banyak menggunakan metode partisipatif. Apa yang menyebabkan demikian?


PENJELASAN :
Dimana metode partisipatif ini sendiri adalah dimana semua pihak yang terkait dalam pendidikan dilibatkan dalam proses pendidikan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya.
Proses pembelajaran ini sendiri dimana ikut terlibat langsung di dalamnya. Sesuai dengan komponen perencanaan pendidikan luar sekolah menurut Rahman (1989) (dalam buku Suprijanto hal. 56) yaitu : sumber belajar (pembimbing) diupayakan diambil dari warga masyarakat setempat sendiri. Agar memudahkan orang tersebut berpartisipasi dalam proses belajar maka lebih di upayakan dengan orang yang ada di sekitar kita. Sesuai dengan prinsip perencanaan partisipatif (Pidarta,1988) (dalam buku Suprijanto hal.57) yaitu hubungan masyarakat, antara lembaga pendidikan dan masyarakat perlu ada hubungan yang harmonis, saling kerjasama, saling memberi, dan saling menerima. Proses belajar akan mudah terjalin karena telah mengenal satu sama lain. Makanya metode partisipatif ini lebih banyak di gunakan dalam pendidikan orang dewasa.


Sumber : Suprijanto,H. (2007). Pendidikan orang dewasa; dari teori hingga aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar