Rabu, 25 Mei 2011

SIMULASI UAS ONLINE

Jawaban soal No. 1
Menurut pendapat saya, berdasarkan evaluasi kinerja kelompok kami, prinsip yang telah saya lakukan adalah yaitu :

  • Mempunyai Tujuan yang Pasti ; dalam kegiatan karyawisata ini, mempunyai tujuan yang pasti yaitu membuat bekal ke depan untuk usaha dalam kuliner. Makanya kami membuat tema pembuatan sushi. Jika pada suatu saat nanti berguna buat peserta apabila ingin melakukan usaha khususnya di bidang kuliner.
  • Menggunakan Instrumen yang tepat dalam evaluasi ; dalam kegiatan ini juga, kami membuat lembaran evaluasi untuk memberikan penilaian, saran, dan kritikan buat performa yang kami lakukan. Dan itu membuat suatu pembelajaran buat kami, agar kami bisa menjadi yang lebih baik lagi kedepannya.
  • Kerja sama antara peneliti dengan orang yang di nilai kemajuannya ; pihak kami telah melakukan kerja sama dengan pihak terkait  yaitu "Sushi Tei" baik dalam hal administrasi ataupun penyampain konsep-konsep dari cara pembuatan sushi dan pengenalan terhadap jenis-jenis dari makanan Jepang sendiri. Dan dalam kegiatan  ini juga turut andil yaitu Executive Chef yang berasal dari Jepang. Beliau mempraktekan bagimana cara pemilihan ikan salmon yang baik dan bagaimana cara pemotongan ikan salmon yang baik.
Jawaban Soal No. 2
Menurut pendapat saya, prosedur yang dilakuakn dalam evaluasi kelompok kami yaitu sesuai menurut Morgan, et al.(1976) :
  1. Mengecek Tujuan : kami telah membuat tujuan dalam kegiatan ini yaitu dapat memberikan inspirasi pada peserta maupun fasilitator untuk membantu mereka mengembangkan potensi berwira usahanya, khususnya di bidang kuliner. Di samping itu, dengan memperoleh pelatihan membuat sushi ini, mereka juga diharapkan dapat memeroleh pengetahuan mengenai sejarah sushi , serta mengetahui manfaat dari mengonsumsi sushi bagi kesehatan.
  2. Memeriksa apa yang dilakuakan untuk mencapai tujuan : Untuk mencapai tujuan tersebut, kami mencari tempat makan atau restauran yang mengelolah masakan sushi. Agar kegiatan ini berjalan dengan baik berdasarakan tujuan yang telah kami buat.
  3. Mengumpulkan Bukti : Dalam hal mengumpulkan bukti yaitu pada sebelum kegiatan, peserta di kenalkan terlebih dahulu tentang sushi agar mereka mengetahui asal muasal sushi tersebut. Kemudian dalam kegiatan berlangsung, para peserta di ajarkan bagaimana cara pembuatan dari sushi tersebut. Dan pada akhir kegiatan, peserta memberikan masukan dari kegiatan ini. Agar terjadi perubahan dalam diri peserta dan pencapaian tujuan yang telah di tetapkan olah fasilitator.
  4. Menentukan sumber bukti : yang menjadi sumber bukti adalah peserta. Dimana dalam kegiatan ini peserta mampu dalam membuat sushi. Dimana sesuai dengan tujuan dari fasilitaor atau kelompok karyawisata
  5. Menentukan alat untuk memperoleh bukti : Alat yang digunakan untuk memperoleh bukti yaitu kelompok telah membuat kuisioner tentang performa yang dilakukan. Dalam kuisioner berisi tentang performansi masing-masing dari setiap anggota maupun dasar dari pemilihan tempat yang dilakukan kelompok.
  6. Menganalisis Bukti : Dari hasil kuisioner yang kami dapatkan, bahwa performansi dari karyawisata ini sendiri di nilai cukup baik dari para peserta. Mulai dari pemilihan tempat dan kegiatan yang dilakukan. Namun ada kritikan dan saran yang membangun dari para peserta untuk membuat kami menjadi lebih baik ke depannya nanti.
  7. Menggunakan Hasil : Hasil dari kegiatan ini, semoga sangat bermanfaat buat para peserta untuk mengaplikasikannya ke dalam bidang usaha, khususnya bidang usaha kuliner. Dan bagi kelompok sendiri, sangat bermanfaat sekali dalam melakukan kegiatan ini. Karena sangat di butuhkan kerjasama yang maksimal untuk mencapai kegiatan ini agar berhasil.

2 komentar:

  1. Coba jelaskan, berdasarkan evaluasi konerja kelompok anda, prinsip mana saja yang telah anda lakukan?

    BalasHapus
  2. Prosedur evaluasi seperti apakah yang anda lakukan bersama kelompok sehubungan dengan evaluasi performa kelompok anda?

    BalasHapus